Nama : Yurisa Dewi
NPM : 18210796
3EA13
PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH
A.
JUDUL PENELITIAN
Analisis Pengaruh Desain Kemasan Dan Daya Tarik Iklan
Terhadap Brand Awareness Sari Roti di
Kalangan Mahasiswa Universitas Gunadarma Kalimalang.
B.
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Di zaman yang semakin modern seperti sekarang ini,
mempunyai dampak ketergantungan terhadap segala sesuatu yang berbau instant
atau praktis. Misalnya saja seperti produk-produk bakery yang sekarang sangat mudah didapat dimana saja dan bisa
langsung dikonsumsi setiap saat. Produk–produk bakery seperti roti ini sudah menjadi makanan alternatif terbaik
pengganti nasi yang memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh, yang
menjadikan produk ini banyak diminati oleh masyarakat. Peran roti kelak tidak
lagi sebatas sebagai menu untuk sarapan, tetepi juga untuk menu makan siang dan
makan malam.
Saat ini sudah banyak perusahaan roti yang
bermunculan di Indonesia dari yang skala industri rumah tangga maupun
perusahaan besar seperti Sari Roti. Sari Roti berdiri sejak September 1996
dalam naungan PT. Nippon Indosari Corpindo, produk roti yang pertama mulai diluncurkan dengan merek
“Sari Roti”.
Setiap
perusahaan yang melakukan persaingan harus menetapkan strategi kemasan yang
baik. Desain kemasan juga merupakan hal terpenting, karena desain kemasan
produk akan menciptakan daya ingat terlebih pada kesadaran merek produk
tersebut yang akan tertanam di dalam benak konsumen selamanya.
Di
tengah krisis global saat ini, peran brand
dan upaya branding semakin penting
(SWA, 5 Agustus 2009). Merek adalah aset terpenting perusahaan. Hanya
perusahaan yang memiliki merek kuat yang bisa bertahan di tengah gempuran
pesaing. Merek yang kuat membentuk produk suatu perusahaan menonjol walaupun
berada di belantara ribuan produk sejenis yang saling berebut perhatian.
Dalam
membangun merek (brand awareness),
langkah pertama yang harus dilakukan yaitu merek tersebut harus dikenalkan dulu
kepada konsumen, sehingga konsumen dapat mengetahui keberadaan merek tersebut,
mengenal merek tersebut dengan baik, dan akhirnya merek tersebut dapat melekat
kuat dibenak konsumen. Salah satu cara menyampaikan informasi tentang merek dari
suatu produk adalah melalui iklan (Ridwansyah,
2005).
Iklan yang menarik adalah iklan yang mempunyai daya
tarik, yaitu memiliki kemampuan untuk menarik perhatian pasar (audience) sasaran. Daya tarik iklan atau
power of impression dari suatu iklan
adalah seberapa besar iklan mampu memukau atau menarik perhatian pemirsanya
(Indriarto, 2006).
Berdasarkan
uraian di atas, maka penelitian ini mengambil judul “Analisis Pengaruh Desain Kemasan Dan Daya Tarik Iklan
Terhadap Brand Awareness Sari Roti di
Kalangan Mahasiswa Universitas Gunadarma Kalimalang.”
Perumusan Masalah
Penelitian
ini bertujuan untuk:
1.
Untuk mengetahui
pengaruh desain kemasan terhadap brand
awareness
2.
Untuk mengetahui
pengaruh daya tarik iklan terhadap brand
awareness
Kegunaan
Penelitian
Penelitian yang
penulis lakukan ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi penulis sendiri, maupun
bagi para pembaca atau pihak-pihak lain yang berkepentingan.
a. Manfaat Akademis
Sebagai
bahan literatur yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa ataupun mereka yang sedang
malakukan penelitian. Disamping itu juga bermanfaat bagi penulis untuk mendapat
pengetahuan, wawasan serta pengetahuan baru.
b. Manfaat Praktis
Sebagai
bahan masukkan bagi peningkatan pada marketing perusahaan yang mengembangkan
usahanya dalam bidang yang bersangkutan untuk lebih memahami keinginan para
konsumen agar tetap menjadi konsumen yang setia.
Batasan Masalah
Dalam
penelitian ini, batasan masalahnya adalah desain kemasan dan daya tarik iklan
terhadap kesadaran merek (brand awareness)
produk Sari Roti.
C. TINJAUAN PUSTAKA
Konsep Dasar Pemasaran
Pemasaran
adalah proses sosial yang dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan
secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain
(Kotler, 2005).
Konsep
dasar pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai sasaran organisasi adalah
perusahaan harus lebih menjadi efektif dibandingkan para pesaing dalam
menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar
sasaran yang terpilih.
Desain Kemasan Produk
Desain kemasan adalah bisnis kreatif yang
mengkaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi, dan
elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan.
Desain kemasan berlaku untuk membungkus, melindungi, mengirim, dan membedakan
sebuah produk di pasar. Pada akhirnya desain kemasan berlaku sebagai pemasaran
produk dengan mengkomunikasikan kepribadian atau fungsi produk konsumsi secara
unik.
Dari
sudut pandang perusahaan, sebuah produk yang didesain dengan baik akan mudah
dibuat dan distribusikan. Dari sudut pandang konsumen, produk yang didesain
dengan baik akan menyenangkan untuk dipandang, mudah dibuka, dipasang dan
dipelajari cara penggunaannya, digunakan, diperbaiki dan pada akhirnya dibuang
(Kotler, 1997).
Daya Tarik Iklan
Beberapa
pengertian tentang iklan, diantaranya adalah:
1. Menurut Kotler dan Amstrong (2012 : 454) iklan
adalah segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau jasa secara
nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
2. Menurut Beardeb dan Ingram (2007 : 393) iklan adalah
elemen komunikasi pemasaran yang persuasif, nonpersonal, dibayar oleh sponsor
dan disebarkan melalui saluran komunikasi massa untuk mempromosikan pemakaian
barang, atau jasa.
3. Menurut Riyanto (2008) iklan yang menarik adalah
iklan yang mempunyai daya tarik, yaitu memiliki kemampuan untuk menarik pasar (audience) sasaran.
Brand Awareness
Beberapa
pengertian tentang Brand Awareness , diantaranya adalah:
1.
Menurut Keller,
(2008 : 51) kesadaran merek adalah kekuatan jejak merek dalam memori yang dapat
kita ukur sebagai kemampuan konsumen mengidentifikasi merek dalam kondisi
berbeda.
2.
Menurut Rangkuti, (2004). Brand awareness
adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali
bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori merek tertentu
Peranan brand
awareness dalam keseluruhan brand
equity tergantung sejauh mana tingkat kesadaran yang dicapai oleh sebuah merek
(Puspitasari, 2009).
D.
PERUMUSAN
HIPOTESA
Berdasakan tinjauan pustaka atau kerangka pemikiran
diatas, maka penulis mencoba untuk merumuskan hipotesis yang akan diuji
kebenarannya, apakah hasil penelitian akan menerima atau menolak hipotesis
tersebut, sebagai berikut:
H1 : Desain kemasan pada produk akan berpengaruh
secara positif terhadap brand awareness.
H2 : Daya tarik iklan akan berpengaruh secara
positif terhadap brand awareness.
E.
METODOLOGI PENELITIAN
Data
Penelitian
1.
Sumber Data
Sumber data dengan
menggunakan data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari lokasi
penelitian yang berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden yang pernah
mengkonsumsi Sari Roti, yaitu mahasiswa Universitas Gunadarma Kalimalang.
2. Jenis Data
1.
Data Primer
Yaitu data yang
secara langsung dikumpulkan dan didapatkan untuk kebutuhan riset atau penelitian yang
berjalan.
a.
Kuesioner
Dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden
yang pernah mengkonsumsi Sari Roti dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang
berhubungan langsung dengan masalah yang akan diteliti.
2.
Data Sekunder
Yaitu data yang telah
dikumpulkan oleh pihak lain atau data yang sudah tersedia dari sumber yang
sudah ada dan diperoleh dari situs-situs publik.
a.
Studi
Kepustakaan
Yaitu penulis menggunakan studi kepustakaan yang
bertujuan menghubungkan kebenaran teori dengan kenyataan yang dialami konsumen
Sari Roti terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli dan keputusan
pembelian pada iklan dan citra merek Sari Roti.
b.
Dengan membuka
dan mencari melalui situs-situs internet yang erat hubungannya dengan penulisan
ini.
3.
Tipe Data
Penulis melakukan pengumpulan sumber
data dengan menggunakan data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung
dari lokasi penelitian yang berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden
yang pernah mengkonsumsi Sari Roti, yaitu mahasiswa Universitas Gunadarma
Kalimalang.
Objek
Penelitian
Objek yang digunakan oleh penulis adalah mahasiswa
dan mahasiswi Universitas Gundarma
Kalimalang yang pernah mengkonsumsi Sari Roti.
Periode
Penelitian
Data didapatkan dari hasil kuesioner yang disebarkan
selama 7 hari kepada mahasiswa Universitas Gunadarma Kalimalang.
Variabel Penelitian dan Model Penelitian
Variabel yang digunakan yaitu desain
kemasan produk (), Daya tarik iklan ) sebagai variabel independent serta Brand awareness (Y) sebagai
variabel dependent.
Maka
akan didapat model penelitian sebagai berikut:
Y = a + + + e
Keterangan :
Y : Kesadaran Konsumen (brand awareness)
a : Konstanta
b1 b2 : Koefisien regresi
X1 : Desain Kemasan Produk
X2 : Daya Tarik Iklan
e :
standard error
Alat Yang Digunakan
Dalam
penulisan ilmiah ini, teknis analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Analisis data
kuantitatif adalah bentuk analisa yang menggunakan angka-angka dan perhitungan
dengan metode statistik, maka data tersebut harus diklasifikasikan dalam kategori tertentu dengan menggunakan
tabel-tabel tertentu. Untuk mempermudah dalam menganalisis dengan menggunakan
program SPSS 17.0 (Statistical Package
for Social Science).
Model
Analisis
Untuk
mencari keterkaitan antara variabel yang tercakup dalam penelitian ini, penulis
menggunakan analisis regresi linier dengan metode kuadrat terkecil. Analisis
regresi bertujuan untuk mengetahui koefisien korelasi, koefisien determinasi,
dan koefisien regresi. Selanjutnya penulis melakukan pengujian hipotesi yaitu
pengujian hipotesis secara parsial menggunakan t test dan pengujian hipotesis
secara simultan menggunakan F test.
Analisis
Regresi Linear Berganda digunakan untuk menganalisa pengaruh beberapa variabel
bebas atau independen variabel (X) terhadap satu variabel tidak bebas atau
dependen variabel (Y) secara bersama-sama.
F. RENCANA BIAYA PENELITIAN
Penelitian
ini merupakan penelitian karya ilmiah untuk memenuhi salah satu syarat guna
memperoleh gelar sarjana pada Universitas Gunadarma, maka semua biaya
penelitian ditanggung oleh penulis.
G. JADWAL WAKTU PENELITIAN
1. Minggu I : Persiapan.
2. Minggu II – IV: Pengumpulan data,
pengolahan dan analisis data secara garis besar.
3.Minggu V – IX: Penyusunan laporan
draf, mulai dari BAB I sampai dengan BAB V
4. Minggu X - XII: Laporan akhir
H. DAFTAR PUSTAKA
1. Kotler,
Phillip. 2002. Manajemen
Pemasaran Jilid I (edisi Bahasa Indonesia).
Jakarta: PT Prenhalindo Indonesia.
2. Kotler,
Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid
1. Jakarta: PT Indeks Kelompok
Gramedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar