BAB
13
PENGARUH
SITUASI
Pengaruh situasi dapat
dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor yang khusus untuk waktu dan
tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik konsumen dan karakteristik
obyek. Situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan
suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat
tertentu.
TIPE-TIPE
SITUASI KONSUMEN
Secara garis besar jenis/tipe situasi konsumen
dibagi menjadi 3 sesuai dengan waktu kegunaannya yaitu :
1. Situasi
Komunikasi
Situasi Komunikasi adalah suasana atau lingkungan
dimana konsumen memperoleh informasi atau melakukan komunikasi. Komunikasi yg
dilakukan bisa bersifat pribadi atau nonpribadi
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
a. Komunikasi
Lisan dengan teman, kerabat, tenaga penjual, atau wiraniaga
b. Komunikasi non
pribadi, seperti iklan TV, radio, internet, koran, majalah, poster, billboard,
brosur, leaflet dsb
c. Informasi
diperoleh langsung dari toko melalui promosi.
2. Situasi
Pembelian
Situasi Pembelian adalah lingkungan atau suasana
yang dialami/dihadapi konsumen ketika membeli produk dan jasa. Situasi
pembelian akan mempengaruhi pembelian.
Misal: Ketika Konsumen berada di bandara, ia mungkin
akan bersedia membayar sekaleng Coke berapa saja harganya ketika haus.
Sebaliknya, jika ia berbelanja Coke di swalayan dan mendapatkan harganya
relatif lebih mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga. Konsumen tsb
mungkin akan menunda pembelian Coke dan mencari di tempat lain.
3. Situasi
Pemakaian
Misal: Konsumen Muslim sering memakai kopiah dan
pakaian takwa pada saat sholat atau pada acara keagamaan. Kebaya akan dipakai
kaum wanita pada acara pernikahan atau acara resmi lainya, dan jarang digunakan
untuk pergi bekerja. Para Produsen sering menggunakan konsep situasi pemakaian
dalam memasarkan produknya, produk sering diposisikan sebagai produk untuk
digunakan pada situasi pemakaian tertentu. Misalnya, ada pakaian resmi untuk ke
pesta, pakaian olahraga, pakaian untuk kerja, pakaian untuk santai dan berolahraga.
INTERAKSI
INDIVIDU DENGAN SITUASI
Situasi konsumen
meningkat bila selang waktu sejak saat makan mereka bertambah. Muncul untuk
konsumen yang kelebihan berat. Dengan demikian, pengaruh situasi dari waktu
sejak saat makan mereka yang terkhir bergantung kepada jenis konsumen.
Ide bahwa konsumen tidak homogen dalam respons
mereka terhadap factor situasi memilki implikasi penting untuk pemasangan
pasar. Karena konsumen yang berbeda mungkin mencari mafaat produk yang berbeda,
yang dapat berubah melintasi situasi pemakaian yang berbeda.
PENGARUH
SITUASI TAK TERDUGA
Bagaimana seseorang
mengerti akan potensi dari pengaruh situasi yang tak terduga yang dapat merusak
keakuratan ramalan yang didasarkan pada maksud pembelian , yang tadinya dia
tidak mau embeli barang tapi karena suatu hal jadi membeli barang
tersebut. Misalkan seorang ibu yang sedang berhemat, pasti akan mencari
informasi tentang harga-harga kebutuhan pokok, melalui surat kabar/Koran atau
mungkin akan mendatangi tempat kebutuhan tersebut. Ketika ibu tersebut sudah
mendapat informasi secara jelas tentang harga-harga barang yang naik dan mana
harga barang yang turun tentu dia akan mengevaluasi hasil tersebut dan membeli
kebutuhan sesuai dengan kemampuannya.(Situasi komunikasi)
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar