SUPER JUNIOR

SUPER JUNIOR

Jumat, 26 November 2010

Gunung Bromo ke Level Awas

G. Bromo secara geografis berada pada posisi 7º 56’ 30” LS dan 112º 37’ 00” BT dengan tinggi puncaknya 2329 meter dari permukaan laut. Sedangkan secara administratif terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan G. Bromo umumnya dicirikan oleh hembusan asap kawah berwarna putih tipis sampai putih tebal, tekanan lemah dengan ketinggian berkisar antara 75 - 150 meter dari puncak, bau belerang tercium tajam.

Gunung Bromo di Jawa Timur naik status. Mulai hari ini, Selasa 23 November 2010, Bromo berstatus Siaga atau Level III.

"Siaga sejak hari ini pukul 08.00 WIB," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono .
Terjadi peningkatan aktivitas kegempaan Bromo yang meningkat sejak 8 November 2010. Kegiatan Gempa Vulkanik Dalam (VA) dan Gempa Vulkanik Dangkal (VB) secara fluktuatif terus meningkat. Sejak tanggal 8 November 2010 mulai tercatat Tremor Vulkanik. "Antisipasinya, wisata Bromo ditutup,"

Sebelumnya, Gunung Semeru juga berstatus Awas. Pendakian dan wisata di dua gunung itu ditutup dalam radius 1 kilometer.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur saat ini juga terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Semeru, Kelud, dan Bromo.

Selain pembuatan ring keamanan, Pemprov Jatim juga melakukan sosialisasi kepada warga yang rumahnya dekat gunung-gunung tersebut. Juga sudah disiapkan simulasi penanganan bencana untuk antisipasi jika bencana gunung meletus akhirnya terjadi.

Dapat disimpulkan
1. Aktivitas Gempa Vulkanik meningkat sejak tanggal 8 November 2010 dan aktivitas tremor mulai meningkat sejak tanggal 23 November 2010 pukul 11.00 WIB.
2. Kegiatan Gempa Vulkanik Dalam (VA) dan Gempa Vulkanik Dangkal (VB) secara fluktuatif terus meningkat. Sejak tanggal 8 November 2010 mulai tercatat Tremor Vulkanik.
3. Berdasarkan pengamatan data kegempaan dan visual serta analisis data tersebut, status kegiatan G. Bromo dinaikkan dari SIAGA (Level III) menjadi AWAS (Level IV) sejak 23 November 2010 pukul 15.30 WIB.
4. Status kegiatan G. Bromo akan dinaikkan/diturunkan jika terjadi peningkatan/penurunan aktivitas yang terus dipantau oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Pos Pengamatan G. Bromo.

Referensi
-Badan Geologi
-VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar