SUPER JUNIOR

SUPER JUNIOR

Jumat, 26 November 2010

Virtual Laboratory

Perkenankan saya membahas sekilas disini tentang virtual laboratory atau laboratorium maya, karena virtual lab merupakan salah satu produk unggulan hasil kemajuan TI dan laboratorium merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan.

Laboratorium adalah tempat bagi peserta untuk melakukan praktik-praktik dari teori yang diberikan di kelas oleh pengajar sehingga memiliki pemahaman yang lebih kuat terhadap materi yang dipelajari. Namun mungkin karena keterbatasan dana, tidak semua sekolah bisa memiliki lab yang memadai, atau memiliki ruang lab namun alat-alatnya sudah tidak bisa dipakai, atau memiliki ruangan lab-nya saja, atau tidak memiliki lab sama sekali. Bila kondisi seperti ini masih terjadi, mungkin ada baiknya kita melirik virtual lab.

Virtual lab merupakan salah satu learning content yang berwujud piranti lunak komputer yang dirancang agar seseorang dapat melakukan aktifitas-aktifitas experiments seperti halnya mereka melakukan experiments di laboratorium sebenarnya.
Ada 2 komponen penting dalam virtual lab, yaitu: simulasi dan animasi. Simulasi bertujuan menggambarkan lingkungan nyata dalam suatu sistem. Melalui simulasi peserta dapat melakukan percobaan dengan cara penggantian nilai parameter-parameter, sehingga menimbulkan perilaku berbeda terhadap percobaan yang dilakukan. Perilaku-perilaku berbeda tersebut kemudian ditampilkan melalui animasi. Hasil-hasil percobaan juga secara otomatis dapat direkam oleh sistem dan pada akhirnya dapat diambil sebagai pelaporan.
Virtual lab paling ideal dijalankan di internet, sehingga peserta dapat melakukan percobaan darimana dan kapan saja. Namun demikian dapat juga dijalankan dalam lingkungan intranet atau komputer standalone. Dengan virtual lab gedung maupun alat lab fisik diubah menjadi komputer dan piranti lunak virtual lab.

Virtual lab dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif peserta terhadap materi pelajaran.

Referensi:
Pemahaman kemajuan TI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar