SUPER JUNIOR

SUPER JUNIOR

Selasa, 23 November 2010

KETIKA ALAM TELAH BERBICARA

Akhir-akhir ini negara kita sering ditimpa berbagai bencana. Mulai dari Banjir Bandang di Wasior, Gempa dan Tsunami di Mentawai, sampai yang terakhir lagi hangatnya Erupsi Merapi DI Jogja. Semua itu tejadi pada saat bersamaan, mungkinkah ini semua teguran dari yang di atas.

Banjir Wasior
Banjir Wasior 2010 adalah bencana banjir bandang yang terjadi pada 4 Oktober 2010 di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat.
Banjir bandang ini terjadi, karena kerusakan hutan di Wasior, sehingga hujan tiada henti yang terjadi sejak Sabtu, 2 Oktober 2010 hingga Minggu, 3 Oktober 2010 menyebabkan Sungai Batang Salai yang berhulu di Pegunungan Wondiwoy meluap.

Banjir yang terjadi menyebabkan banyak infrastruktur di Wasior hancur termasuk lapangan udara di Wasior, sementara kerusakan juga menimpa rumah warga, rumah sakit, dan jembatan. Kerusakan yang terjadi disebabkan banjir yang terjadi membawa serta batu-batuan besar, batang-batang pohon, lumpur.[4] Bencana banjir bandang yang terjadi juga mengganggu hubungan komunikasi, jaringan listrik terputus dan aktifitas masyarakat lumpuh.

Banjir bandang juga menyebabkan 110 orang tewas dan 450 orang masih dinyatakan hilang. Sementara sebagian korban luka-luka dibawa ke Manokwari dan Nabire. Sementara sebagian korban luka lainnya dan warga yang selamat ditampung di tempat-tempat pengungsian. Akibat banjir yang terjadi yang merusak rumah warga dan infrastruktur banyak warga yang selamat memutuskan mengungsi ke Manokwari dengan menggunakan kapal laut.

Letusan Merapi 2010 adalah rangkaian peristiwa gunung berapi yang terjadi di Merapi di Indonesia. Aktivitas seismik dimulai pada akhir September 2010, dan menyebabkan letusan gunung berapi pada hari Selasa tanggal 26 Oktober 2010, mengakibatkan sedikitnya 28 orang tewas, termasuk Mbah Maridjan.

Kini Merapi mash terus mengancam entah sampai kapan.
Fase kritis Gunung Merapi belum berakhir meski sudah mengeluarkan awan panas yang menerjang dusun terdekat dengan puncak. Belum berakhirnya fase kritis itu karena hingga sekarang belum terbentuk kubah baru, dan lava pijar atau magma belum keluar.



Menurut sumber yang saya baca, bencana alam menurut penyebabnya terbagi atas dua : karena alam itu sendiri atau karena kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia. Kejadian di jogja dan mentawai sudah jelas-jelas diakibatkan oleh sebab yang pertama. Daerah sekitar Sumatra Barat memang rawan gempa, bahkan sejak ratusan tahun yang lalu, daerah ini sudah berkali-kali digoyang gempa dan diguyur tsunami. Gunung merapi sendiri juga sudah berkali-kali meletus. Kasus di wasior sedikit berbeda, banjir bandang ini disebabkan oleh kerusakan alam.


Bencana alam memang bisa menyapa kita kapan saja. Jika kita memilih untuk tinggal di daerah rawan bencana, maka satu-satunya pilihan kita adalah bagaimana meminimalisir dampak bencana ini.


Referensi:
http://sosbud.kompasiana.com
wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar