SUPER JUNIOR

SUPER JUNIOR

Rabu, 21 November 2012

Tugas Metode Riset 5


ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOSERBA FENI

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1  Data & Sumber Data
3.1.1Data
1. Data Primer
Data primer adalah data yang dikumpulkan dan diperoleh secara langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pengunjung Toko Feni.
2. Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari objek yang diteliti. Data ini diperoleh dari studi pusaka, majalah, internet dan dokumen yang diperlukan untuk penyusunan penelitian ini.
3.1.2 Sumber Data
1. Populasi
 Populasi adalah Keseluruhan obyek penelitian yang terdiri dari manusia dan benda ataupun peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu dalam penelitian (Sugiyono, 2002: 55). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Toko Feni
2. Sampel
Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti (Arikunto, 2002: 109). Menurut Sutrisno Hadi, tidak ada ketetapan mutlak berapa persen suatu sampel harus diambil dari populasi (Sutrisno Hadi, 2004: 81). Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 sampel dengan pertimbangan bahwa jumlah tersebut sudah melebihi jumlah sampel minimal dalam penelitian (n = 30). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Incidental Sampling, yaitu responden yang kebetulan dijumpai atau dapat dijumpai.

3.2 Variabel
3.2.1. Variabel bebas/independen (X) yaitu variabel yang menjadi sebab terjadinya/terpengaruhnya variabel dependen (Umar, 2002:129), antara lain :
a. Keandalan
Keandalan adalah suatu kemampuan untuk memberikan jasa yang dijanjikan dengan akurat dan terpercaya; diukur dengam pelayanan tepat waktu, kemudahan proses pembayaran.
b. Ketanggapan
Ketanggapan adalah suatu respon/kesigapan karyawan dalam membantu konsumen dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap.
c. Keyakinan
Keyakinan adalah kemampuan karyawan atas pengetahuan terhadap produk secara tepat, kualitas, keramah-tamahan, perkataan atau kesopanan dalam memberikan pelayanan.
d. Empati
Empati adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan perhatian yang bersifat individual atau pribadi kepada para konsumen.
e. Harga
Harga adalah suatu nilai tukar atau nominal jumlah uang yang telah di tentukan toko untuk memuaskan pelanggan.

3.3  Metode Penelitian
1.  Analisis Regresi Berganda
Regresi berganda dilakukan untuk mengetahui sejauh mana variabel bebas mempengaruhi variabel terikat. Pada regresi berganda terdapat satu variabel terikat dan lebih dari satu variabel bebas. Model hubungan keputusan pembelian dengan varibel-variabel tersebut dapat disusun dalam fungsi atau persamaan sebagai berikut:
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + e
Dimana:
Y     : Keputusan pembelian
a      : Konstanta
b1    : Koefisien regresi variabel keandalan
b2    : Koefisien regresi variabel ketanggapan
b3    : Koefisien regresi variabel keyakinan
b4    : Koefisien regresi variabel empati
b5    : Koefisien regresi variabel harga
X1   : Keandalan
X2   : Ketanggapan
X3   : Keyakinan
X4   : Empati
X5   : Harga
e      : Error


2. Uji t
            H0  :  b  = 0, artinya variabel keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan harga tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
            Ha : b ≠ 0, artinya variabel keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.


3.4  Model Penelitian
Model penelitian dari penelitian ini menggunakan model analisis regresi. Analisis regresi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana variabel bebas mempengaruhi variabel terikat.
3.4.1. Variabel Bebas (X)
Variabel bebas yaitu variabel yang mempengaruhi variabel lain atau yang diselidiki pengaruhnya. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel keandalan (X1), variabel ketanggapan (X2),  variabel keyakinan (X3), variabel empati (X4) dan variabel harga (X5)
3.4.2. Variabel Terikat (Y)
Variabel terikat adalah gejala atau unsur variabel yang dipengaruhi variabel lain. Yang menjadi variabel terikat dari penelitian ini adalah kepuasan konsumen (Y).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar