ANALISIS
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOSERBA FENI
BAB
III
METODOLOGI PENELITIAN
METODOLOGI PENELITIAN
3.1
Data & Sumber Data
3.1.1Data
1. Data Primer
Data primer adalah data yang dikumpulkan dan
diperoleh secara langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner. Data
primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada
pengunjung Toko Feni.
2. Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang diperoleh secara
tidak langsung dari objek yang diteliti. Data ini diperoleh dari studi pusaka,
majalah, internet dan dokumen yang diperlukan untuk penyusunan penelitian ini.
3.1.2
Sumber Data
1. Populasi
Populasi
adalah Keseluruhan obyek penelitian yang terdiri dari manusia dan benda ataupun
peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu dalam
penelitian (Sugiyono, 2002: 55). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan
Toko Feni
2. Sampel
Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang
diteliti (Arikunto, 2002: 109). Menurut Sutrisno Hadi, tidak ada ketetapan
mutlak berapa persen suatu sampel harus diambil dari populasi (Sutrisno Hadi,
2004: 81). Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 sampel dengan
pertimbangan bahwa jumlah tersebut sudah melebihi jumlah sampel minimal dalam
penelitian (n = 30). Teknik pengambilan sampel menggunakan
metode Incidental Sampling, yaitu responden yang kebetulan dijumpai atau
dapat dijumpai.
3.2
Variabel
3.2.1. Variabel bebas/independen (X) yaitu variabel
yang menjadi sebab terjadinya/terpengaruhnya variabel dependen (Umar,
2002:129), antara lain :
a. Keandalan
Keandalan adalah suatu kemampuan untuk memberikan
jasa yang dijanjikan dengan akurat dan terpercaya; diukur dengam pelayanan
tepat waktu, kemudahan proses pembayaran.
b. Ketanggapan
Ketanggapan adalah suatu respon/kesigapan karyawan
dalam membantu konsumen dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap.
c. Keyakinan
Keyakinan adalah kemampuan karyawan atas pengetahuan
terhadap produk secara tepat, kualitas, keramah-tamahan, perkataan atau
kesopanan dalam memberikan pelayanan.
d. Empati
Empati adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan
perhatian yang bersifat individual atau pribadi kepada para konsumen.
e. Harga
Harga adalah suatu nilai tukar atau nominal jumlah uang
yang telah di tentukan toko untuk memuaskan pelanggan.
3.3
Metode Penelitian
1. Analisis Regresi Berganda
Regresi berganda dilakukan untuk mengetahui sejauh
mana variabel bebas mempengaruhi variabel terikat. Pada regresi berganda
terdapat satu variabel terikat dan lebih dari satu variabel bebas. Model hubungan
keputusan pembelian dengan varibel-variabel tersebut dapat disusun dalam fungsi
atau persamaan sebagai berikut:
Y = a + b1X1 + b2X2 +
b3X3 + b4X4 + b5X5 + e
Dimana:
Y : Keputusan pembelian
a : Konstanta
b1 : Koefisien regresi variabel
keandalan
b2 : Koefisien regresi
variabel ketanggapan
b3 : Koefisien regresi
variabel keyakinan
b4 : Koefisien regresi
variabel empati
b5 : Koefisien regresi
variabel harga
X1 : Keandalan
X2 : Ketanggapan
X3 : Keyakinan
X4 : Empati
X5 : Harga
e : Error
2. Uji t
H0 :
b = 0, artinya variabel
keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan harga tidak berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Ha
: b ≠ 0, artinya variabel keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan harga berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
3.4
Model Penelitian
Model penelitian dari penelitian ini menggunakan
model analisis regresi. Analisis regresi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana
variabel bebas mempengaruhi variabel terikat.
3.4.1. Variabel Bebas (X)
Variabel bebas yaitu variabel yang mempengaruhi
variabel lain atau yang diselidiki pengaruhnya. Yang menjadi variabel bebas
dalam penelitian ini adalah variabel keandalan (X1), variabel ketanggapan (X2),
variabel keyakinan (X3), variabel empati
(X4) dan variabel harga (X5)
3.4.2. Variabel Terikat (Y)
Variabel terikat adalah gejala atau unsur variabel
yang dipengaruhi variabel lain. Yang menjadi variabel terikat dari penelitian
ini adalah kepuasan konsumen (Y).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar