BAB V
Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan
- Sumber
daya ekonomi
Sumber daya ekonomi adalah sumber daya alam yang bisa habis dalam jangka pendek
jika digunakan dan dicemari secara cepat, namun demikian lambat laun akan dapat
diganti melalui proses alamiah misalnya ; pohon-pohon di hutan, rumput di
padang rumput, deposit air tanah, udara segar dan lain-lain Sumberdaya alam ini
keberadaannya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam kerangka untuk
mendorong, mempercepat dan menunjang proses pembangunan wilayah. Namun demikian
penting untuk diperhatikan aspek ketersediaan termasuk daya dukungnya terhadap
mobilitas pembangunan daerah, karena apabila sumberdaya alam dengan 3 kategori
ini dimanfaatkan dengan tidak bijaksana dan arif maka sudah barang tentu
stagnasi dan kemunduran dinamika pembangunan ekonomi wilayah akan semakin cepat
menjelma atau merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan.
Disamping komponen sumberdaya alam, pada saat ini peranan sumberdaya manusia (human
resources) dalam konteks kegiatan pembangunan ekonomi termasuk pembangunan
ekonomi daerah semakin signifikan. Faktor sumberdaya manusia ini telah
menghadirkan suatu proses pemikiran baru dalam telaah teori-teori pembangunan
ekonomi, yang menempatkan sumberdaya manusia sebagai poros utama pembangunan
ekonomi baik dalam skala global, nasional maupun daerah. Strategi pembangunan
ekonomi yang berbasis pada pengembangan sumberdaya manusia dianggap sangat
relevan dan cocok dengan kondisi dan karakter pembangunan ekonomi terutama di
negara-negara berkembang.
- Sumber daya sementara
Sumber daya sementara adalah suatu sumber daya yang bersifat sementara saja.
Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen,
karena konsumen mayoritas semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun
demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat
pribadi yaitu waktu senggang.
Sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat
merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep
yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya
schemata skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya— dalam
tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam
merepresentasikan informasi secara mental.
- Tanggungan pengetahuan
Pengetahuan produk meliputi :
- Kesadaran mengenai katagori dan merek produk.
- Terminologi produk
- Atribut atau ciri produk
-
Kepercayaan tentang katagori produk secara umum dan mengenai merek spesifik.
- Organisasi pengetahuan
Sistem pengetahuan organisasi Digunakan untuk Mengatur bahan-bahan untuk tujuan
pengambilan dan untuk mengelola koleksi. Sebuah KOS berfungsi sebagai jembatan
antara kebutuhan informasi pengguna dan materi dalam koleksi. Sebuah berfungsi
KOS Sebagai jembatan antara kebutuhan pengguna informasi dan materi dalam
koleksi. Dengan itu, pengguna harus dapat mengidentifikasi objek menarik tanpa
pengetahuan sebelumnya keberadaannya. Dengan itu, pengguna harus dapat
mengidentifikasi objek menarik tanpa pengetahuan sebelumnya keberadaannya. Baik
melalui browsing atau mencari langsung, baik melalui tema pada halaman Web atau
situs mesin pencari, para KOS membimbing pengguna melalui proses penemuan. Baik
melalui mencari atau browsing langsung, baik melalui tema pada halaman Web atau
situs mesin pencari, para KOS membimbing pengguna melalui proses penemuan.
Selain itu, Koss mengijinkan penyelenggara untuk menjawab pertanyaan mengenai
cakupan pengumpulan dan apa yang dibutuhkan untuk melengkapi itu.
Semua
perpustakaan digital menggunakan satu atau lebih KOS. Semua perpustakaan digital
Menggunakan satu atau lebih KOS. Sama seperti di perpustakaan fisik, para KOS
dalam perpustakaan digital memberikan gambaran umum isi koleksi dan mendukung
pengambilan. Sama seperti di perpustakaan fisik, ayat dalam perpustakaan
digital KOS Memberikan gambaran umum isi koleksi dan mendukung pengambilan.
Mungkin skema KOS tradisional yang relevan dengan ruang lingkup materi dan
audiens yang diharapkan untuk perpustakaan digital (seperti Sistem Desimal
Dewey atau INSPEC Thesaurus), sebuah skema yang dikembangkan secara komersial
seperti Yahoo atau Excite kategori, atau lokal mengembangkan skema untuk
intranet perusahaan. Mungkin skema KOS tradisional yang relevan dengan materi
dan Ruang Lingkup audiens yang diharapkan untuk perpustakaan digital (seperti
Sistem Desimal Dewey atau INSPEC Thesaurus), sebuah skema yang dikembangkan
secara komersial seperti Yahoo atau Excite kategori, atau mengembangkan skema
lokal untuk intranet perusahaan.
- Mengukur Pengetahuan
Pengetahuan
konsumen terdiri dari informasi yang disimpan di dalam ingatan. Pemasar
khususnya tertarik untuk mengerti pengetahuan konsumen. Informasi yang dipegang
oleh konsumen mengenai produk akan sangat mempengaruhi pola pembelian mereka.
source :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar