ANALISIS
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOSERBA FENI
BAB
V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan data dari uraian yang telah dikemukakan pada bab-bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda
diperoleh bahwa variabel independen yang terdiri dari keandalan, katanggapan,
keyakinan, empati dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen.
2.Hasil uji koefisien regresi diperoleh bahwa semua
variabel independen yang terdiri dari keandalan, katanggapan, keyakinan, empati
dan harga signifikan terhadap kepuasan konsumen
3.Dari hasil uji ekspetasi B diketahui bahwa
kontribusi yang diberikan ariabel harga terhadap kepuasan konsumen yang paling
besar dibandingkan variabel keandalan, katanggapan, keyakinan, empati. Hal ini
ditunjukkan dari besarnya nilai Exp (B) = 0,872 yang paling besar dari nilai
Exp (B) variabel yang lain.
5.2 Saran
Penelitian ini mempunyai beberapa keterbatasan yaitu dalam pemilihan variabel yang seperti disebutkan dalam penelitian ini, hal tersebut disebabkan masih terbatasnya penelitian yang menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen yang diteliti dalam penelitian ini terbatas hanya pada satu tempat, sehingga peneliti tidak melakukan uji perbandingan kepuasan konsumen lebih dari satu tempat penelitian.
Untuk menungkatkan kepuasan konsumen Toko Feni Wisma Asri perlu adanya tindakan antara lain:
a. Meningkatkan
kondisi bangunan Toko Feni Wisma Asri yang bersih dan nyaman dengan iterior
yang menarik,melengkapi fasilitas pendukung (AC, tempat parkir yang luas, aman)
b. Meningkatkan
kecepatan pegawai dalam menanggapi permintaan konsumen, selalu bersedia
membantu kesulitan konsumen,menyelesaikan keluhan konsumen dengan tepat,
memberikan informasi dengan jelas sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar