TEMA: Kepuasan Konsumen
JUDUL: ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN KONSUMEN PADA TOSERBA FENI
(Study Kasus Toserba Feni, Taman Wisma Asri, Bekasi
Utara)
PENULIS: Yurisa Dewi
TAHUN: 2012
Latar
Belakang Masalah
Usaha kecil menengah di Indonesia di era reformasi
ini mempunyai peranan yang sangat berarti dalam menunjang perekonomian. Sebagian
dari penduduk Indonesia meminati usaha kecil menengah karena jumlah lapangan
kerja atau kesempatan utuk bekerja tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja,
maka dari itu jenis usaha kecil menengah sudah menjadi kegiatan yang diminati
karena keterbatasan jumlah lowongan kerja. Selain itu jenis usaha kecil
menengah dapat menyerap tenaga kerja untuk para pencari kerja dengan
keterbatasan pendidikan. Dan pada usaha ini pun tidak memerlukan modal besar
hanya diperlukan sedikit keterampilan dan ketekunan dalam membuka usaha.
Untuk usaha yang di jalankan dapat berjalan dengan
lancar diperlukan semangat antara para pemilik modal dengan para pekerja UKM,
tidak hanya itu tempat/lokasi usaha juga harus dipikirkan. Lokasi yang
strategis dan mudah dijangkau oleh para konsumen menjadi faktor pendukung
supaya usahanya dapat berkembang dengan baik.
Salah satu UKM tersebut adalah Toserba Feni yang
terletak di Taman Wisma Asri, Bekasi Utara. Usaha ini telah berdiri sejak 14
tahun yang lalu, sehingga telah memiliki banyak pelanggan. Toserba Feni ini
menjual berbagai jenis kebutuhan rumah tangga. Namun seiring berjalannya waktu
saingan usaha yang sama pun banyak bermunculan. Oleh karena itu Toserba Feni
harus melakukan strategi pemasaran yang tepat agar tidak kalah bersaing oleh
para pesaingnya. Salah satu strategi yang dilakukan adalah para konsumen dapat
membeli sacara grosir atau eceran. Selain itu Toserba Feni memiliki kasir yang
tergolong banyak agar tidak terjadi antrian yang lama ketika para pelanggan
ingin membayar.
Semua hal yang dilakukan oleh
Toserba Feni adalah untuk memuaskan pelanggannya. Kepuasan pelanggan sangat
penting karena dari kepuasan itulah akan timbul rasa kepercayaan dari pelanggan
dan memungkinkan kembali pelanggan datang ke Toserba Feni.
Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis terhadap kepuasan pelanggan bagi usaha tersebut untuk mengukur dan mengevaluasi sebaik mungkin.
Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis terhadap kepuasan pelanggan bagi usaha tersebut untuk mengukur dan mengevaluasi sebaik mungkin.
Rumusan
Masalah
1. Apakah variabel harga yang di tawarkan oleh Toserba
Feni memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
2. Apakah fasilitas pelayanan yang dimiliki oleh Toserba Feni memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
2. Apakah fasilitas pelayanan yang dimiliki oleh Toserba Feni memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Tujuan
1. Untuk mengetahui pengaruh variabel harga terhadap
kepuasan konsumen di Toserba Feni
2. Untuk mengetahui pengaruh fasilitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Toserba Feni
2. Untuk mengetahui pengaruh fasilitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Toserba Feni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar