SUPER JUNIOR

SUPER JUNIOR

Minggu, 21 Oktober 2012

METODE RISET - ANALISIS JURNAL 1



TEMA : KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN

JUDUL : ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI HYPERMARKET GIANT MEGA BEKASI.


NOVIANI SARI, 2008

 

Latar Belakang Masalah
Konsumen setia adalah yang sangat puas dengan produk layanan yang diberikan suatu perusahaan sehingga mereka menjadi antusiasme, untuk memperkenalkan kepada siapa saja yang dikenalMengukur kedalaman kesetiaan konsumen adalah suatu hal yang cukup relatif sulit untuk dilakukan. Secara teori, mungkin mudah untuk dituangkan diatas kertas dalam bentuk grafik, tetapi tidak untuk prakteknya dilapangan. Peningkatan kepuasan konsumen harus dilakukan dengan standar kualitas dan standar efisiensi pelayanan.

Rumusan Masalah
a. Apakah terdapat pengaruh signifikan dari variabel kualitas pelayanan (keandalan,ketanggapan, keyakinan, empati, dan keberwujudan) pada kepuasan konsumen di Hypermarket Giant Mega Bekasi ?
b. Apakah terdapat pengaruh signifikan dari kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan di Hypermarket Giant Mega Bekasi ?
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk menguji pengaruh variabel kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan di Hypermarket Giant Mega Bekasi.

METODE PENELITIAN
Objek Penelitian
Pada penulisan skripsi ini yang menjadi objek penelitian adalah masyarakat Bekasi yang terbagi atas Bekasi Barat, Timur, Utara, Selatan dan sekitarnya.
Variabel Penelitian
1. Variabel bebas/independen (X) yaitu variabel yang menjadi sebab terjadinya/terpengaruhnya variabel dependen (Umar, 2002:129), antara lain :
a. Keandalan
Keandalan adalah suatu kemampuan untuk memberikan jasa yang dijanjikan dengan akurat dan terpercaya.
b. Ketanggapan
Ketanggapan adalah suatu respon/kesigapan karyawan dalam membantu konsumen dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap.
c. Keyakinan
Keyakinan adalah kemampuan karyawan atas pengetahuan terhadap produk secara tepat, kualitas, keramah-tamahan, perkataan atau kesopanan dalam memberikan pelayanan.
d. Empati
Empati adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan perhatian yang bersifat individual atau pribadi kepada para konsumen.
e. Keberwujudan
Keberwujudan adalah suatu bentuk penampilan fisik, peralatan personal, media komunikasi dan hal-hal yang lainnya yang bersifatfisik.
f. Kepuasan Konsumen
Perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) sesuatu produk dengan harapannya.
2. Variabel terikat/dependen (Y) yaitu variabel yang nilainya dipengaruhi oleh variabel independen (Umar, 2002:45). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Loyalitas pelanggan yaitu kesetiaan seseorang atas suatu produk, baik barang maupun jasa tertentu. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kesetian terhadap jasa, perekomendasian, dan penggunaan secara kontinyu.

Metode Pengumpulan Data
Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yaitu dengan cara melakukan pengumpulan data yang disajikan dalam bentuk pertanyaanpertanyaan kepada responden terkait dengan pelayanan yang diterima sehingga responden dapat memberikan jawaban atas pertanyaan secara tertulis. Untuk memudahkan dalam menganalisis data, maka variabel-variabel yang digunakan diukur dengan mempergunakan model skala 5 tingkat (likert).

HASIL PENELITIAN
Uji validitas dilakukan dengan membandingkan nilai component dengan batas signifikan sebesar 0.5 (Santoso, 2007:110). Jika nilai component lebih besar dari batas signifikan maka butir pertanyaan atau indikator tersebut dinyatakan valid. Pada uji validitas 200 responden ini ke tujuh variabel ada item yang terisi disetiap kolom 12 nya. Dari jumlah responden sebanyak 200 dan jumlah item kuesioner sebanyak 60 didapat bahwa item yang valid berjumlah 33 pertanyaan dari 7 variabel tersebut. Uji ini dilakukan dua kali dikarenakan untuk melihat konsistensi dari item-item pada kuesioner yang di isi oleh responden.

KESIMPULAN dan SARAN
kesimpulan bahwa variabel keberwujudan dan kepuasan konsumen merupakan faktor yang paling penting dalam upaya memperoleh konsumen yang loyal. Pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas berpengaruh signifikan namun penting bagi perusahaan untuk meningkatkan faktor-faktor lainnya yaitu keandalan, ketanggapan, keyakinan dan empati dalam upaya mempertahankan konsumen yang loyal. Adapun saran yang dapat diberikan agar lebih meningkatkan kemampuan untuk memberikan pelayanan, kesigapan karyawan dalam membantu konsumen, lebih bersifat ramah,sopan dan dapat di percaya, kemudahan dalam melakukan hubungan komunikasi dengan konsumen.

DAFTAR PUSTAKA
Arief. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Bayu Media Publishing.Malang.
Arikunto, Suharsimi, 1998, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, Rineka Cipta. Jakarta
D.A, Aaker. 1991. Managing brand Equity Capitalizing On The Value Of Brand Name. The Free Press. New York.
Dillon, William R. and Goldstein, Matthew, 1984, Multivariate Analysis : Methods and Applications, John Wiley & Sons, Inc. New York.
Dutka, Alan. 1994, AMA Hand Book for Customer Satisfaction, NTC Business Book, Lincolnwood, Illinois.
Gaspersz, Vincent. 2002. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Gramedia. Jakarta.
Griffin, Jill. 1995. Customer loyalty : How to earn it, How to keep it, USA: A Division Of Simon adnd Schuckers Inc.
Gronroos, C. 2006. Service management and marketing: A customer relationship management approach. 2nd edn. Chichester.
Hasibuan.2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.
Halowell, Schelsinger & Zornitsky. 1996. “Internal Service Quality, Customer and Job Satisfaction”, Human Resources Planning, 19, 2; ABI/ INFORM Global, p.20
Ibrahim, Alfian dan Husein Said. 1999. Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Hotel Meutia Lhokseumawe, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 1, No 2, Hal 75-91.
Jr. W. Earl Sasser and O. Jones Thomas. 1995. “Why Satisfied Customers Defect “. Harvard Busines Review.
Kertajaya, Hermawan. 2007. Boosting Loyality Marketing Performance. Markplus. Inc. Jakarta.
Musanto, Trisno, Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus CV. Sarana Media Advertising Surabaya), Jurnal Ekonomi Manajemen, Universitas Kristen Petra.
Payne, Adrian. 2008. The Essence Of Service Marketing Pemasaran Jasa, Bumi Aksara. Jakarta.
Parasuraman, A. Valerie A. Zeithmal, Leonard L. Berry. 1985. A conceptual Model of Service Quality and its implications for Future Research, Journal of Marketing, Vol. 49 hal 41-50
Philip, Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT. Prehellindo. Jakarta. Purnama, Nursya’bani, 2006. Manajemen Kualitas Perspektif Global, Edisi Pertama,
Cetakan Pertama, Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.
Rangkuti, Freddy. 2003. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan
Konsumen. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.                                     
Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Edisi Ketiga. Alfabeta. Bandung.
Sampara, Lukman. 1999. Pelayanan Prima. Lembaga Administrasi Negara. Jakarta
Santoso, Singgih, 2007, Structural Equation Modelling, PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business. Salemba empat. Jakarta.
Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Edisi Pertama. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugiono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta. Bandung.
Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaiki Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2004. Pemasaran Jasa. Bayu Media. Malang.
Umar, Husein. 2000. Research Methods in Finance and Banking. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Winardi. 1992. Manajemen Perilaku Organisasi. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.
Winarto, Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen Warung Internet di Salatiga, The 2nd National Conference UKWMS, 6 September 2008.http://lpks1.wima.ac.id/pphks/accurate/makalah/PR7.pdf. Surabaya
Yuliarmi Ni Nyoman dan Riyasa Putu, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan PDAM Kota Denpasar, Jurnal Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar.

SUMBER : liasetianingsih.wordpress.com/2010/10/10/review-iii-ralat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar