Nama: Yurisa Dewi
NPM : 18210796
Kelas : 3 EA 13
BAB IV
Evaluasi
Alternatif Sebelum Pembelian
1.
Kriteria
Evaluasi
Di dalam menilai suatu produk yang konsumen inginkan, konsumen memiliki
beberapa kriterianya masing masing, diantaranya : manfaat, harga, kualitas,
serta pelayanannya. Dalam hal ini konsumen akan memilih dari kriteria di atas
dan menentukan mana produk yang memenuhi kriteria dan tidak, sebelum dilakukan
pembelian.
2.
Penentuan alternative pilihan
Dalam proses pengambilan keputusan, konsumen harus melakukan pemecahan masalah
dalam kebutuhan yang dirasakan dan keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dengan
konsumsi produk atau jasa yang sesuai. Tiga (3) tingkatan dalam pemecahan ini;
- Pemecahan masalah yang mensyaratkan respons yang rutin. Keputusan yang diambil tidak disertai dengan usaha yang cukup untuk mencari informasi dan menentukan alternatif. Kebiasaan berjalan secara otomatis, prilaku seseorang merupakan respon terhadap rutinitas karena dilakukan berulang-ulang seringkali tanpa disadari.
- Pemecahan masalah dengan proses yang tidak berbelit-belit (terbatas). Pemecahan masalah ini menyebabkan seseorang tidak peduli dengan ada tidaknya informasi dengan menggunakan criteria yang kurang lebih sudah terbentuk, untuk mengevaluasi kategori produk dan mereknya. Tidak mengevaluasi setiap atribut dan fitur produk dalam memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya
- Pemecahan masalah yang dilakukan dengan upaya yang lebih berhati-hati dan penuh pertimbangan.
Di tingkat
ini konsumen memerlukan informasi yang relative lengkap untuk membentuk
criteria evaluasi dari kriteria yang baku .
3.
Menaksir alternatif pilihan
Dalam
menaksir suatu alternatif dari pilihan yang ada maka konsumen harus memikirkan
resiko yang akan diterima apabila konsumen memilih alternatif tersebut, dan
meninggalkan alternatif lain yang ada.
4.
Menyeleksi aturan pengambilan keputusan
Dalam
menyeleksi aturan pengambilan keputusan terdapat suatu hal yang perlu
diperhatikan, yang paling utama adalah yang paling penting dalam memenuhi
berbagai kriteria yang dapat dicapai oleh produk tersebut agar dapat memuaskan
konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar