SUPER JUNIOR

SUPER JUNIOR

Selasa, 16 Oktober 2012

PERILAKU KONSUMEN - Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian


Nama: Yurisa Dewi

NPM : 18210796

Kelas : 3 EA 13

 BAB IV

Evaluasi Alternatif  Sebelum Pembelian
1.      Kriteria Evaluasi
 Di dalam menilai suatu produk yang konsumen inginkan, konsumen memiliki beberapa kriterianya masing masing, diantaranya : manfaat, harga, kualitas, serta pelayanannya. Dalam hal ini konsumen akan memilih dari kriteria di atas dan menentukan mana produk yang memenuhi kriteria dan tidak, sebelum dilakukan pembelian.

2.     Penentuan alternative pilihan
Dalam proses pengambilan keputusan, konsumen harus melakukan pemecahan masalah dalam kebutuhan yang dirasakan dan keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dengan konsumsi produk atau jasa yang sesuai. Tiga (3) tingkatan dalam pemecahan ini;
  • Pemecahan masalah yang mensyaratkan respons yang rutin.                                        Keputusan yang diambil tidak disertai dengan usaha yang cukup untuk mencari informasi dan menentukan alternatif. Kebiasaan berjalan secara otomatis, prilaku seseorang merupakan respon terhadap rutinitas karena dilakukan berulang-ulang seringkali tanpa disadari.
  •  Pemecahan masalah dengan proses yang tidak berbelit-belit (terbatas).  Pemecahan masalah ini menyebabkan seseorang tidak peduli dengan ada tidaknya informasi dengan menggunakan criteria yang kurang lebih sudah terbentuk, untuk mengevaluasi kategori produk dan mereknya. Tidak mengevaluasi setiap atribut dan fitur produk dalam memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya
  • Pemecahan masalah yang dilakukan dengan upaya yang lebih berhati-hati dan penuh pertimbangan.
Di tingkat ini konsumen memerlukan informasi yang relative lengkap untuk membentuk criteria evaluasi dari kriteria yang baku .

3.     Menaksir alternatif  pilihan
Dalam menaksir suatu alternatif dari pilihan yang ada maka konsumen harus memikirkan resiko yang akan diterima apabila konsumen memilih alternatif tersebut, dan meninggalkan alternatif  lain yang ada.

4.     Menyeleksi aturan pengambilan keputusan
Dalam menyeleksi aturan pengambilan keputusan terdapat suatu hal yang perlu diperhatikan, yang paling utama adalah yang paling penting dalam memenuhi berbagai kriteria yang dapat dicapai oleh produk tersebut agar dapat memuaskan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar