ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN KONSUMENPADA MATAHARI DEPARTEMENT STORE DI SOLO GRAND MALLRustika Atmawati, 2004
Latar Belakang Masalah
Dalam era perdagangan bebas setiap
perusahaan menghadapi persaingan yang ketat. Meningkatnya intensitas persaingan
dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan
keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan
pelayanan yang lebih memuaskan daripada yang dilakukan oleh pesaing. Dengan
demikian, hanya perusahaan yang berkualitas yang dapat bersaing dan menguasai
pasar.
Kualitas memiliki hubungan yang erat
dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan
untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Dalam jangka
panjang ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan
seksama harapan pelanggan serta kebutuhan mereka. Dengan demikian, perusahaan
dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di mana perusahaan memaksimumkan pengalaman
pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman pelanggan yang kurang
menyenangkan (Tjiptono, 1996).
Menurut Schnaars (dalam Tjiptono, 1997)
tujuan suatu bisnis adalah untuk menciptakan para pelanggan merasa puas.
Kualitas jasa yang unggul dan konsisten dapat menumbuhkan kepuasan pelanggan
dan akan memberikan berbagai manfaat (Tjiptono, 1996:78) seperti:
1.
Hubungan perusahaan dan para
pelanggannya menjadi harmonis;
2.
Memberikan dasar yang baik bagi
pembelian ulang;
3.
Dapat mendorong terciptanya loyalitas
pelanggan;
4.
Membentuk rekomendasi dari mulut ke
mulut (word-of-mouth) yang
menguntungkan bagi perusahaan;
5.
Reputasi perusahaan menjadi baik di mata
pelanggan; dan
6.
Laba yang diperoleh dapat meningkat.
Kepuasan pelanggan merupakan respons
pelanggan terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan
kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian (Rangkuti, 2002). Kepuasan
pelanggan dipengaruhi oleh persepsi kualitas jasa, kualitas produk, harga dan
faktorfaktor yang bersifat pribadi serta yang bersifat situasi sesaat. Salah
satu faktor yang menentukan kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan
mengenai kualitas jasa yang berfokus pada lima dimensi kualitas jasa, yaitu:
bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance) , empati (empathy).
Tujuan Penelitian
Berdasarkan
uraian di atas, maka tujuan penelitin ini adalah untuk menganalisis faktor
bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness),
jaminan (assurance), dan empati (empathy) sejauhmana berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen Matahari Department Store di Solo Grand Mall, dan untuk
mengetahui faktor yang paling dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen di Matahari Department Store di Solo Grand Mall.
METODE
PENELITIAN
1. Kerangka Penelitian
2. Data dan Sumber Data
Penelitian
ini menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang diambil melalui
kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Matahari Deptartmen Store di Solo
Grand Mall pada bulan April sampai Juni 2004.
3. Populasi dan Sampel
Populasi
penelitian ini adalah seluruh konsumen Matahari Deparment Store di Solo Grand
Mall Surakarta yang memiliki kartu members, yaitu berjumlah 1.000 konsumen.
Mengingat besarnya jumlah populasi, maka dalam penelitian ini peneliti
mengambil sampel sebesar 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik sampling aksidental. Sampling aksidental adalah teknik
penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan
bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang
yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data (Sugiono, 1999:60).
4. Definisi Operasional
dan Pengukuran Variabel
a.
Bukti fisik merupakan fasilitas fisik dan perlengkapannya termasuk pegawai;
diukur dengan kondisi dan
lokasi gedung, interior, dan penampilan pegawai.
b.
Keandalan merupakan kemampuan memberikan pelayanan dengan segera, akurat dan
memuaskan; diukur dengan pelayanan tepat waktu, kemudahan proses pembayaran,
ketepatan pelaksanaan program promosi.
c.
Daya tanggap merupakan keinginan staf membantu konsumen dan memberikan
pelayanan dengan tanggap; diukur dengan ketepatan menyelesaikan keluhan, selalu
siap membantu konsumen, dan kecepatan dan ketanggapan dalam pelayanan.
d.
Jaminan merupakan pengetahuan, kemampuan, kesopanan dan sifat yang dapat
dipercaya yang dimiliki pegawai; diukur dengan ketrampilan pegawai, pelayanan
yang ramah dan sopan, kualitas produk sesuai promosi, dan pengetahuan pegawai.
e.
Empati merupakan perhatian pribadi, memahami kebutuhan pelanggan; diukur dengan
perhatian pegawai dengan sungguh-sungguh dan tidak membedakan status sosial
dalam pelayanan.
Hasil dan kesimpulan
1. 1. Model Regresi Binary Logistic
2. 2. Uji Ketepatan Model Regresi
Berdasarkan hasil analisis regresi binary logistic diperoleh bahwa variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji koefisien regesi diperoleh bahwa semua variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati signifikan terhadap kepuasan konsumen.
1. 1. Model Regresi Binary Logistic
2. 2. Uji Ketepatan Model Regresi
Berdasarkan hasil analisis regresi binary logistic diperoleh bahwa variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji koefisien regesi diperoleh bahwa semua variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati signifikan terhadap kepuasan konsumen.
SARAN
Untuk
meningkatkan kepuasan konsumen Matahari Departemen Store Solo Grand Mall perlu
adanya tindakan antara lain:
a. Meningkatkan
kondisi gedng Matahari Departemen Store yang bersih dan nyaman dengan iterior
yang menarik,melengkapi fasilitas pendukung (kamar pas, kasir parkir,
escalator, keamanan , AC), menjaga keterampilan dan penampilan pegawai.
b. Meningkatkan
kecepatan pegawai dalam menanggapi permintaan konsumen, selalu bersedia
membantu kesulitan konsumen,menyelesaikan keluhan konsumen dengan tepat,
memberikan informasi dengan jelas sesuai dengan kebutuhan konsumen.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi
Revisi V). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chandra, Gregorius. 2001. Strategi dan Program Pemasaran. Yogjakata: Penerbit
Andi.
Cooper, Donald R dan C William Emort. 1999. Metode Penelitian Bisnis (Jilid 1
Edisi Kelima). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guntur SW. 2006. ”Analisis Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi
PDAM Kota Surakarta)” (Tesis). Surakarta: Program Magister
Manajemen Program Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Henri. 2003. ”Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Pasien
Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah
Yogyakarta” (Tesis).
Yogjakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar