ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN CARREFOUR HYPERMARKET BINTARO SEKTOR 7
Penulis : Hendrikus ArinandaFakultas EkonomiUniversitas Gunadarma
Latar Belakang Masalah
Dalam
kompetisi global ini seperti dewasa ini, konumen cenderung untuk mempunyai
lebih banyak keinginan. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk selalu
melakukan kreasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya dalam rangka memenuhi
kebutuhan konsumen. Jika hal ini tidak dilakukan tentunya mempunyai resiko akan
kegagalan mendapatkan laba maksimal dan berpalingnya para konsumen ke
kompetitor. Fenomena seperti ini memaksa perusahaan untuk mengubah paradigma
bisnis secara tradisional dan beralih orientasi kepada kepuasaan konsumen serta
mengambil strategi proaktif demi meningkatkan daya saingnya.
Kualitas
pelayanan telah menjadi senjata paling jitu untuk berkompetisi yang digunakan
oleh pemimpin dalam perusahaan dagang ataupun jasa. Para pemimpin dalam
perusahaan dagang ataupun jasa. Para pemimpin perusahaan dagang dewasa ini berusaha
membuat kualitas pelayanan yang super sebagai upaya untuk mendapatkan loyalitas
konsumen.
Salah
satu hal yang menjadi fokus bagi bisnis jasa sekarang ini adalah membina
hubungan jangka panjang dengan konsumen dengan cara menyediakan kualitas
pelayanan yang memadai. Dewasa ini, hampir semua industri dagang ataupun jasa
memfokuskan diri pada upaya meningkatkan pelayanan yang diberikan. Pada umumnya
semakin lama konsumen menjalin hubungan dengan perusahaan, mereka biasanya
lebih mampu memberikan laba bagi perusahaan.
Tujuan
memberikan pelayanan yang berkualitas bagi para konsumen yaitu menciptakan rasa
puas yang tercemin dari perilaku mereka untuk memilih layanan yang kita berikan
dan atau mempengaruhi mereka untuk kembali lagi diwaktu lain dan juga merekomendasikan
kepada kolega dan keluarganya. Jika hal itu terjadi, maka dapat dikatakan bahwa
mereka telah merasakan pelayanan yang berkualitas dan menjadi loyal.
Berdasarkan
uraian di atas, penulis tertarik untuk mengangkat masalah kepuasan konsumen
dengan judul “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN CARREFOUR
HYPERMARKET BINTARO SEKTOR 7”.
Tujuan Penilitian
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasaan konsumen terhadap pelayanan
yang diberikan oleh Carrefour Hypermarket Bintaro Sektor 7.
Metode Penitilian
1.
Objek Penelitian
Objek
yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Carrefour Hypermarket
Bintaro Sektor 7.
2.
Data / Variabel
Data
yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang dapat dari
konsumen melalui kuisioner. Kuisioner terbagi atas 50 pertanyaan mengenai
kualitas pelayanan Carrefour Hypermarket Bintaro Sektor 7 dengan mengambil
sampel sebanyak 100 responden.
3.
Metode Pengumpulan Data / Variabel
Dalam
pengumpulan data penulis menggunaka metode kuisioner. Yaitu metode pengukuran
yang berupa pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen
terhadap keseluruhan pelayanan yang diterima. Pernyataan-pernyataan tersebut
diukur dengan 5 point skala Likert dengan tingkatan dari “Sangat Tidak Puas”
sampai dengan “Sangat Puas”.
4.
Hipotesis
Hipotesa
awal penelitian ini adalah konsumen tidak puas terhadap pelayanan Carrefour
Hypermarket Bintaro Sektor 7.
Hasil dan Kesimpulan
Berdasarkan
analisa dan pembahasan dengan metode Skala Likert yang dilakukan, diperoleh
hasil bahwa sebagian besar responden menyatakan puas. Denagn demikina pihak
manajemen telah berhasil membuat para konsumen tertarik untuk berbelanja di
Carrefour Hypermarket Bintaro sektor 7. Hal ini dapat dilihat dari
dimensi-dimensi pelayanan yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di
carrefour Hypermarket Bintaro Sektor 7 baik dari dimensi keandalan, dimensi
keresponsifan, dimensi keyakinan, dimensi empati dan dimensi berwujud. Secara
keseluruhan konsumen merasa puas, dengan rata-rata nilai 342.35, dimana nilai
tersebut dikategorikan baik dengan kelas interval (340-419).
Sedangkan
hasil Uji Chi Square diperoleh hasil yang sama, yaitu konsumen merasa puas. Ini
terlihat pada Chi Square Hitung > Chi Square tabel (53,375 > 26,2962) dan
nilai Asytotic Significance yaitu 0,000 atau probabilitas kurang dari dari
0,05. Artinya hipotesa awal (Ho) ditolak atau konsumen merasa puas terhadap
pelayanan Carrefour Hypermarke Bintaro Sektor 7.
Saran
Setelah
mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan Carrefour Hypermarket Bintaro
Sektor 7, perusahaan harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi
keresponsifan (keinginan staff untuk membantu konsumen) dan dimensi keyakinan
(profesionalitas staff dalam bekerja). Hal ini dapat dilakukan dengan pelatihan,
motivasi, dan kompensasi yang tepat agar para karyawan selalu bersemangat
dengan melayani konsumen. Pada akhirnya, tujuan perusahaan untuk menciptakan
rasa puas bagi para konsumen dan mempengaruhi mereka untuk kembali berbelanja
di Carrefour Hypermarket Bintari Sektor 7 juga merekomendasikan kepada kolega
atau keluarga dapat tercapai.
Kita juga mempunyai jurnal mengenai Metode Analisis, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/856/1/Paper_Peter_Avinanta_Why_Because.pdf
Semoga bermanfaat!